Sabtu, 24 Oktober 2009

Penelitian Pengembangan Model Software Program Robot Berbicara Bahasa Indonesia (PRBBI) Menggunakan Visual Basic 6.0 untuk Robot Media Pengajar Keterampilan Pada Pendidikan Luar Sekolah

Abstrak: Software Program Robot Berbicara Bahasa Indonesia (PRBBI) adalah suatu perangkat lunak yang dikembangkan menggunakan software program Visual Basic 6.0 untuk menjadikan suatu robot seakan memiliki kemampuan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Indonesia, melakukan pekerjaan atau tindakan dengan perintah suara tanpa remot kontrol, dan juga memutarkan video dan/atau audio yang telah diset di dalam programnya. Tujuan dikembangkannya Software PRBBI adalah untuk menyediakan perangkat lunak berbahasa Indonesia yang nantinya dilengkapi perangkat keras bagi pembangun sebuah robot yang memiliki kecerdasan untuk membantu dalam proses belajar pada Pendidikan Luar Sekolah (terutama PKBM) sehingga akan mampu memotivasi warga belajar untuk mencapai tujuan belajarnya dalam hal keterampilan tanpa harus menghadirkan guru keterampilan khusus.

-------------------------------------------------------------

Pendidikan Luar Sekolah (PLS) ialah sebuah proses belajar mengajar yang diselenggarakan di luar sekolah formal. Yang termasuk pendidikan luar sekolah antara lain ialah: pendidikan non formal (pendidikan keterampilan) dan pendidikan informal (pendidikan dalam keluarga).

Pada pelaksanaan pendidikan non formal, seringkali penyelenggara kesulitan mengadakan pengajar keterampilan. Hal ini karena selain keterbatasan sumber daya juga penyelenggara banyak yang mengalami kesulitan sumber dana rutin untuk biaya pengajar keterampilan.

Pada dasarnya, pendidikan keterampilan dapat dilakukan secara mandiri. Yaitu dengan belajar tanpa guru, hanya melalui buku-buku dan lain sebagainya. Namun sayangnya, tidak semua orang mampu belajar secara mandiri. Terlebih bagi warga belajar “Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat” (PKBM) khususnya yang dilola oleh swasta. Dimana warga belajar PKBM umumnya adalah berasal dari masyarakat ekonomi bawah dan berpendidikan rendah. Oleh karenanya, mereka sangat membutuhkan pembimbing dalam belajar keterampilan. Padahal, banyak PKBM yang memiliki keterbatasan-keterbatasan dalam pengadaan pengajar keterampilan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh PKBM dalam mengadakan guru atau pembimbing keterampilan, diantaranya melalui kerjasama dengan berbagai pihak, melalui telekonferen, dan lain sebagainya. Cara lain yang mungkin dapat dilakukan ialah dengan bantuan robot pengajar keterampilan. Cara inilah yang ditawarkan oleh peneliti Software Program Robot Berbicara Bahasa Indonesia (PRBBI) untuk mengadakan perangkat lunak yang dapat di-instal pada komputer robot sehingga dapat dijadikan sebagai media pengajaran keterampilan.

Syarat agar robot dapat dijadikan sebagai media pengajar keterampilan pada PKBM secara minimal adalah: 1) Robot mampu “memahami” kata-kata bahasa Indonesia; 2) Robot mampu menampilkan suara dan gambar (audio dan video) bahan ajar keterampilan. 3) Kemudahan pengoperasian, 4) Kesampaian pesan, 5) Keberfungsian seluruh sistem. 6) Kemudahan penanggulangan ketidak berfungsian sistem oleh pengguna.

Untuk membangun robot yang mampu memahami kata-kata dalam bahasa Indonesia dan mampu menampilkan audio video, diperlukan perangkat lunak. Dalam penyediaan perangkat lunak tersebut, yang paling tepat adalah dibangun dengan program visual basic 6.0. Dimana program visual basic 6.0 memiliki keunggulan-keunggulan yaitu: 1) software yang dibangun berorientasi obyek; 2) terdapat komponen activeX voice to text dan text to voice; 3) terdapat komponen multimedia sehingga dapat memunculkan suara dan gambar; 4) penggunaan logika if then yang mudah dalam penerapannya; 5) mampu melakukan pencarian data secara sequental dan random; 6) mampu melakukan read dan write untuk data base; 7) terdapat atribut dan komponen pengaktif pararel dan serial port sehingga dapat diprogram untuk interfacing untuk menggerakkan motorik robot; 8) mudah diaplikasikan pada komputer berbasis windows dan linux.

Cara Mengaktifkan/Menjalankan Program Komputer Dengan Tombol Keyboard Pada OS Windows

Ada trik mudah untuk memudahkan kita mengaktifkan atau menjalankan program aplikasi pada komputer windows hanya dengan cara memijit / menekan tiga tombol pada keyboard sebagai tombol shortcut alias tombol jalan pintas yang dapat diseting sesuai dengan keinginan kita.

Berikut ini adalah langkah untuk setting tombol shortcut pada keyboard :

1. Klik kanan pada shortcut icon lalu pilih "properties". Contohnya seperti shortcut Windows Media Player pada menu start atau pada desktop / tampilan utama.
2. Pada isian "shortcut key" isi dengan hanya menekan satu tombol yang kita inginkan. Misalnya tekan sekali tombol huruf a pada keyboard anda. Nanti secara otomatis akan tersusun kode seperti "Ctrl + Alt + A".
3. Pilih "Ok" pada bagian bawah.
4. Mulai sekarang jika anda menekan tiga tombol secara bersamaan, yaitu tombol Ctrl, Alt Dan A maka program Windows Media Player akan aktif.

Anda dapat melakukan setting ulang serta seting icon shortcut lainnya sesuai dengan selera anda. Selamat mencoba dan berkreasi :D

Keterangan :
Tips dan triks ini hanya berlaku pada shortcut icon pada tampilan desktop, start menu, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar